KOLAKA TIMUR

Koltim Dapat Jatah 75 KK Transmigrasi

Sejumlah rumah disiapkan untuk keluarga yang masuk dalam program transmigrasi.FOTO : Net/Ilustrasi

KOLAKA POS,
TIRAWUTA-Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim ) mendapat jatah 75 Kepala Keluarga (KK) untuk program transmigrasi. Jumlah tersebut kembali berkurang 25 KK yang sebelumnya direncanakan berjumlah 100 KK. Hal itu dibeberkanKadis Transmigrasi Pemkab Koltim Udin saat ditemui dihalaman gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Koltim, Selasa ( 31/5).

Ia mengatakan, dari 75 KK tersebut tidak semuanya berasal dari luar Koltim, namun hanya beberapa saja. Itupun lebih banyak kuota transmigrasi lokal atau warga Koltim sendiri yang mendapat jatah. “47 KK transmigrasi asal Koltim dan 28 KK berasal dari pulau Jawa dan sekitarnya. Alasanya, karena kami meminta kebijakan dari pusat, karena masih banyak penduduk Koltim yang bisa gabung,” jelasnya.

Pusat atau lokasi transmigrasi tersebut berada di Desa Tongauna Kecamatan Uesi. “Rumahnya saat ini sementara dibangun. Begitu juga dengan fasilitas lainnya. Tiap KK, mengelola lahan seluas dua hektar,” bebernya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan katanya, maksudnya jangan sampai ada yang melakukan jual beli lahan transmigrasi, pemerintah kabupaten sudah mengantisipasinya.”Mudah-mudahan itu tidak terjadi,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top