KOTA KENDARI

Festival Pulau Bokori Digelar

KOLAKAPOS, Kendari–Festival Pulau Bokori kembali digelar oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Pulau Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sabtu -Minggu Oktober 2016.

Festival Pulau Bokori 2016 ini merupakan pergelaran yang ke dua sejak Bokori dipromosikan sebagai destinasi wisata di Sultra.
Diadakannya festival tersebut, kata Kadis Parekraf, Zainal Koedoes untuk mempromosikan destinasi wisata Pulau Bokori di dalam negeri hingga mancanegera.”Bokori ini kita jadikan sebagai Wakatobi kecil yang bisa cepat dikenal oleh masyarakat dalam negeri maupun diluar negeri,” ungkapnya ketika diwawancarai usai pembukaan Festival Bokori, Sabtu (29/10/2016).
Lebih jauh Dia menjelaskan Festival ini juga dijadikan sebagai aset pendukung, agar pulau tersebut makin dikenal sehingga pengunjung banyak yang datang. Dengan demikian akan menunjang Pendapatan Aset Daerah (PAD).”Kami adakan Festival disini (Bokori, red) dengan tujuan agar banyak yang kenal, baik di tingkat Daerah maupun nasional,” tambah Zainal sapaan akrabnya.
Menurutnya roh dari kegiatan tersebut adalah turnamen fishisng, sehingga ketika nanti Bokori menjadi target wisata mancanegara maka harus ada budaya yang ditampilkan, seperti budaya memancing. “Roh dari Bokori ini adalah fishing sekaligus mempromosikan budaya memancing ini kepada mancanegara agar daya tarik wisatanya tinggi,” ucapnya.
Zainal menyampaikan perbedaan antara festival pertama yakni 2016 silam dan tahun ini, yakni titik perbedaannya adalah jika tahun pergelaran pertama festival tersebut dimeriahkan dengan volly pantai, sementara tahun dia hanya fokus pada kebudayaan saja, sehingga peserta lebih sedikit dibanding dengan festifal yang pertama,” ujarnya.
Ia mengakui,tahun lalu memang lebih menarik karena ada volly pantai dari berbagai daerah, sedangkan tahun ini hanya lomba memancing tapi tidak kalah menarik, karena pesertanya ada dari berbagai daerah di Indonesia dan dari mancaanegara,” tutup Zainal. (P2/c/hen)

dikirim dari Smartphone OPPO saya
Klik di sini untuk Balas atau Teruskan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top