METRO KOLAKA

Harga Sembako Naik

Ibnu Hajar salah seorang pedagang sayuran di PRM Kolaka.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Harga sembilan bahan pokok (Sembako) diantaranya sayuran, bawang, serta tomat di Pasar Raya Mekongga (PRM) Kolaka, terus mengalami kenaikan sejak seminggu terakhir. Salah seorang pedagang sayuran di PRM Kolaka, Qomsyiah mengatakan, saat ini harga bawang merahnya tembus diangka Rp 45 ribu per kilo, padahal sebelumnya hanya sekitar Rp35 ribu per kilonya. “Saat ini, barang dagangan sepi pembeli sejak harga menjulang tinggi,” ungkapnya saat ditemui di PRM.

Ia mengungkapkan, kenaikan harga ini tidak terlepas dari kurangnya pasokan dari kabupaten Enrekang dan kabupaten Sidrap, Selawesi Selatan, sebagai daerah penyuplai atau distributor sayur-sayuran.

Sementara itu, Hj. Tanti yang juga merupakan pedagang sayuran di PRM Kolaka mengatakan, kenaikan harga juga terjadi pada tomat. “Sebelumnya, harga tomat dikisaran Rp lima ribu hingga Rp delapan ribu perkilo, namun saat ini harga tomat mencapai Rp 12 ribu per kilo, makanya kurang laku mas,” ujarnya.

Senada hal itu, juga disampaiakan oleh Ibnu Hajar, pedagang sayuran di PRM Kolaka mengatakan, saat ini harga cabe menembus hingga Rp 35 ribu per kilo. “Sebelumnya harga cabe hanya dikisaran Rp 20 ribu per kilo,” tandasnya.

Para pedagang sayuran di PRM Kolaka ini berharap, suplay sayur dari sulawesi Selatan dapat stabil, sehingga harga sayuran kembali normal. (cr1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top