METRO KOLAKA

Dinas Pertanian Apresiasi Bantuan TNI

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikultura Kolaka mengapresiasi TNI yang telah membantu petani dalam melakukan pengolahan sawah. Pasalnya, keterlibatan TNI dalam bidang pertanian cukup berdampak positif kepada petani.

“Keterlibatan TNI dalam bidang pertanian sudah berlangsung dua tahun lebih cukup berdampak positif kepada petani dalam hal tambah tanam dan luas tanam,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kolaka, Muh Azikin.

Ia mengatakan, sejak tahun anggaran 2015 dan 2016 keterlibatan TNI dalam melakukan pencetakan sawah mencapai 1.000 hektare tersebar di enam kecamatan mulai dari wilayah bagian selatan seperti Watubangga, Tanggetada, Baula, dan Wundulako. Sementara di wilayah utara meliputi Kecamatan Wolo dan samaturu. Sehingga dengan pencetakan sawah semuanya tuntas seratus persen dicetak.

“Dengan adanya pencetakan sawah ini tentunya menambah areal tanam dan luas tanam semakin meningkat pula, dengna adanya TNI semangat petani juga semakin baik, kami dinas pertanian sangat terbantu dengan kehadiran TNI yang membantu petani, ”ujar Azikin.

Selain itu kata Azikin bahwa dampak positif yang dirasakan petani khususnya dalam memberikan motifasi kepada petani sehingga bisa melaksanakan menggarap dan menanam serentak hampir secara merata di semua wilayah kecamatan.
Selain itu sarana dan prasana pertania semakin memadai seperti handtracktor juga langsung ditangani oleh TNI.

“Alhamdulilah saat ini alat mesin pertanian juga sudah ditangani oleh TNI sehingga memudahkan petani dalam mengolah sawahnya, ada ratusan alat mesin pertanian yang saat ini di tangani oleh TNI, semoga kerjasama antara petani, Dinas Pertanian dan TNI selalau terjalin baik agar masyarakat Kolaka ini didapat meningkatkan ekonomi nya dari sektor pertanian, “ujar Azikin. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top