DPRD KOLAKA

Komisi III Minta Pengelolaan Dana BOS Transparan dan Akuntabel

KOLAKA POS, Kolaka — Wakil Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Rusman meminta pengolahan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) transparan dan akuntabel agar tidak ada lagi kecurigaan terhadap sekolah sekolah yang mengola dana BoS tersebut.
“Selama ini banyak yang masih curiga dengan dana BOS ini, kalau transparan dan akuntabel orang tua murid juga pasti senang,” paparnya.
Legislator Demokrat itu juga memaparkan bahwa di Kabupaten Kolaka ada sekolah yang pengelolaan dana BOSnya patut di apreseasi dan di jadikan contoh bagi semua sekolah. Sebab dalam pengelolaannya semuanya dilaporkan dengan transparan bahkan mengundang orang tua murid untuk mendengar dan melihat langsung pelaporan penggunaan dana bos tersebut.
“SD 1 Antam itu perlu diapresiasi, dia mengundang orang tua murid untuk melihat langsung pelaporannya, bahkan di presentasikan, jadi semua terang benderang, sudah diapakan itu uangnya, diperuntukkan untuk apa saja, bahkan dipresentasikan dengan baik,” ujarnya.
Dengan cara seperti itu, kata Rusman, seharusnya semua sekolah yang ada di Kabupaten Kolaka dapat mencontoh hal tersebut. “Ini sekolah swasta, masa negeri tidak bisa seperti itu, kalau saya yang seperti ini perlu dicontoh,” ujarnya.
Lanjutnya dengan cara seperti itu, meminimalisir penyelewengan penggunaan dana BOS.
“Kalau seperti itu, pasti tidak ada lagi oknum sekolah yang di pidanakan gara gara penyelewengan dana BoS,” paparnya.
Dia juga mengatakan cara seperti itu bisa efektif meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan dan kualitas pendidikan di Kolaka. (cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top