KOTA KENDARI

Sungai Wanggu Meluap Rendam Puluhan Rumah Warga

Hujan di Kendari Terus Menerus

KOLAKAPOS, Kendari–Hujan yang melanda Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sejak Kamis (11/5) hingga Jumat (12/5) menyebabkan sungai Wanggu yang melintasi kota itu meluap sehingga beberapa rumah warga terendam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari, Suhardin, di Kendari, mengatakan luapan air sungai Wanggu tersebut sampai merendam rumah warga dengan ketinggian air ukuran lutut orang dewasa.

“Hujan ini terjadi sejak kemarin hingga hari ini jadi wajar kalau sungai Wanggu ini meluap. Yang menjadi korban adalah rumah-rumah yang berada tidak jauh dari bantaran sungai,” katanya.

Dikatakan, warga yang terandam rumahnya itu berada di Kelurahan Lepolepo Kecamatan Baruga yang memang sering menjadi langganan luapan air sungai Wanggu ketika hujan dengan durasi lama.

“Saya sudah perkirakan ketika durasi hujan ini lama, maka daerah yang terancam digenangi air adalah di Lepolepo karena sudah pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Saat ini kata Suhardin, pihaknya bekerja sama dengan beberapa instansi terkait sudah mendirikan posko di lokasi itu untuk mengungsikan warga yang rumahnya terendam. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top