BERITA UTAMA

Tiga Kecamatan Terendam Banjir

KOLAKAPOS, Andoolo–Hujan yang terus mengguyur Konawe Selatan sejak Kamis hingga Jumat (12/5), membuat tiga desa pada tiga kecamatan terendam banjir. Seluruhnya yakni desa Ambesea kecamatan Laeya, desa Lamokula kecamatan Moramo Utara serta desa Awoila kecamatan Konda. Puluhan rumah pada tiga desa tersebut terandam hingga setinggi 1,2 meter atau sekitar perut orang dewasa.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Konsel, Armansyah dan beberapa kepala SKPD lainnya meninjau langsung kondisi daerah yang terendam banjir tersebut. Armansyah mengatakan penyebab banjir di Konsel karena luapan air dari areal pegunungan akibat hujan. “Berdasarkan data sementara di desa Lamokula sekitar 61 Kepala Keluarga dan rumah terendam banjir sebanyak 285 jiwa. Sedangkan di desa Ambesea sekitar sepuluh rumah,” ungkap Armansyah. “Seperti halnya di desa Ambesea, luapan sungai Laeya yang begitu besar mengakibatkan 12 rumah terendam banjir. Untuk di kecamatan Konda, tepatnya di desa Awoila delapan rumah juga terendam banjir,” rincinya.

Selain merendam rumah warga kata dia, banjir juga merendam beberapa fasilitas umum di desa Lamokula. Diantaranya balai desa, kantor desa, sekretariat karang taruna dan beberapa fasilitas umum di desa itu. “Saat ini, BPBD Konsel telah melakukan upaya preventif terhadap warga yang terkena banjir, dimana kami telah menurunkan tenda pengungsian bagi korban banjir untuk dievakuasi,” tambah Armansyah.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik Kedaruratan BPBD Konsel, Mutkahir Hidayat mengatakan 60 hektar sawah dipastikan gagal panen. BPBD menaksir kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Bupati Konsel Surunuddin memerintahkan agar dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang segera melakukan tindakan penanganan ke daerah yang masih terendam banjir. Dia meminta PU membuat saluran pembuangan di sekitar lingkungan warga aghar airnya dapat mengalir.

Polres Konsel juga andil untuk membantu warga yang terkena banjir. Kabag Humas Polres Konsel, AKP Yusuf Muluk Tawang mengungkapkan saat ini personil Polres Konsel dibantu dan Personil Polsek Moramo Utara telah terjun ke lokasi banjir. “Personil telah terjun ke lokasi untuk membantu warga yang terkena banjir. Kami saat ini telah menyediakan matras untuk para korban banjir di Moramo Utara. Termasuk tenda untuk evakuasi warga,” jelasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top