BERITA UTAMA

Empat Desa di Konsel Belum Terima Bantuan Banjir

Penyaluran bantuan

KOLAKAPOS, Andoolo–Lima desa di tiga kecamatan Konawe Selatan (sebelumnya disebut tiga desa, red), diterjang banjir pada Sabtu (13/5). Namun dari lima lokasi banjir tersebut, empat desa yakni desa Awoila, Lamokula, Laeya dan Anggoro Boti, belum menerima bantuan dari pemerintah. Dinas Sosial Konsel mengakui baru satu desa yakni desa Ambesea kecamatan Laeya yang menerima bantuan.

Belum terjamahnya empat desa itu kata Kadinsos Konsel, Burahim, karena Dinsos kehabisan stok bantuan. Saat ini, Dinsos Konsel baru melakukan pendataan di desa Laeya dan Anggoro Boti, kecamatan Laeya. Setelah itu akan dilakukan pendataan lainnya di desa Awoila kecamatan Konda dan Lamokula kecamatan Moramo Utara. “Untuk korban banjir di Ambesea, Dinsos sudah membagikan bantuan. Untuk kecamatan Laeya, tinggal desa Laeya dan desa Anggoro Boti. Hal tersebut dikarenakan kami kehabisan stok, namun pegawai staf kami sementara menuju ke Provinsi untuk mengambil bantuan,” ungkapnya.

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konsel, di desa Lamokula sekitar 61 Kepala Keluarga dan rumah atau sebanyak 285 jiwa terendam banjir. Sedangkan di desa Ambesea sekitar 10 rumah yang terkena banjir. “Korban banjir di kecamatan Laeya yakni desa Anggoro Boti sekitar 59 KK, desa Laeya 174 KK dan desa Ambesea 172 KK. Sementara untuk kecamatan Moramo Utara sebanyak 61 KK,” rincinya.

Untuk diketahui berdasarkan data BPBD Konsel, penyebab banjir di Konsel diakibatkan guyuran hujan yang tak henti-henti sehingga mengakibatkan luapan air dari gunung. Selain mengakibatkan rumah warga terendam, banjir juga mengakibatkan sebanyak 60 hektar sawah dipastikan gagal panen. BPBD menaksir kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top