BERITA UTAMA

Konawe Siaga Satu

Awas Banjir. Ilustrasi.net

KOLAKAPOS, Unaaha–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, mengeluarkan peringatan siaga satu. Hal ini setelah empat hari berturut-turut wilayah Konawe diguyur hujan. Dampaknya mulai terlihat di sebagian wilayah kecamatan Amonggedo yang terendam banjir akibat luapan sungai.

Selain kecamatan Amonggedo, hingga minggu (14/5) kemarin terdapat empat kecamatan yang mengalami banjir dengan ketinggian air rata-rata mencapai lutut orang dewasa diantaranya kecamatan Sampara, Pondidaha, dan Unaaha.

Kepala bidang kedaruratan dan Logistik BPBD Konawe, Dedet Ilnari Yusta menyampaikan, sore hingga malam kemarin (14/5), pihaknya masih melakukan pendataan titik-titik rawan banjir terutama pada daerah pinggiran sungai. Hal itu dilakukan setelah tiga desa di kecamatan Amonggedo yakni, desa Dunggua, Amonggedo dan Deda Wonua, terendam banjir akibat luapan sungai. “Sejauh ini belum ada warga yang mengungsi, kami masih terus memantau perkembangan ini,” terangnya.

Dedet menambahkan, BPBD juga selalu memantau perkembangan melalui pemerintah kecamatan. Untuk masalah logistik Dedet mengaku masih melakukan koordinasi dengan provinsi untuk mengantisipasi jika terjadi bencana banjir yang besar. Sedangkan untuk tiga desa yang terendam banjir di kecamatan Amonggedo secepatnya akan disalurkan bantuan. “Kita berharap bencana banjir ini tidak meluas sampai di wilayah lain,” terangnya. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top