KOTA KENDARI

LKPNI Ajak Pemerintah Bersinergi

Kordinator Wilayah (Korwil) LKPNI Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Tayeb Demara.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independen (LPKNI) mengajak pemerintah daerah untuk bersinergi dalam hal peningkatan pelayanan publik dan penyelenggaran negara.

Hal tersebut dikatakan Kordinator Wilayah (Korwil) LKPNI Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Tayeb Demara. Menurutnya LKPNI adalah lembaga yang dibentuk dan memfokuskan diri dalam upaya mendorong memfasilitasi dan membantu tercapainya perencanaan pembangunan dan pemerintah daerah secara simultan dengan tetap berpijak pada konteks nasional dan kebutuhan pengembangan daerah.

“Selain itu, LKPNI juga menyelenggarakan kegiatan pengkajian, penelitian, konsultasi, pelatihan, asistensi, seminar, Lokakarya simposium, sarasehan, diskusi publik, dokumentasi dan publikasi guna mengembangkan core competency daerah,” katanya
Sehinggga Sinergitas yang dimaksud ialah melalui pemberian pendidikan kepada pemerintah daerah demi tercapainya pemerintah yang produktif, penyedia tenaga ahli untuk membantu pemerintah daerah guna melaksanakan kinerja daerah secara konstitusional,kerja sama dengan pemerintah daerah diberbagai instansi dalam upaya peningkatan kapasitas SDM dalam pencapaian pemerintah yang bersih dari KKN

“Kemudian menciptakan manajemen pemerintah daerah yang tepat guna dan tepat sasaran, meningkatkan kemitraan dengan pemerintah pusat dalam rangka mewujudkan tujuan nasional seiring dengan semangat UUD 1945,” katanya.

Demara membeberkan saat ini yang menjadi sasaran oleh pihaknya di Sultra adalah peningkatan kapasitas Para kepala desa dalam mengelola dana desa

“Ini himbauan presiden Pak Jokowi agar dana desa digunakan secara maksimal untuk pembangunan yang maksimal. Olehnya itu kami ingin memberikan bimbingan kepada para kepala desa, tentunya sebagai lembaga yang direkomendasikan oleh kemendagri kami ditunjang dengan narasumber yang berkopenten,” bebernya.

Olehnya itu terkait hal ini, pihaknyaakan akan bersurat ke para bupati di Sultra agar pelaksanaanya dilaksanakan didaerah sebab akan lebih evisien. (k1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top