METRO KOLAKA

22 Mei, Pilkades Serentak Digelar

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 24 desa di Kabupaten Kolaka akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (pilkades) secara serentak pada Mei ini. Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan bahwa Pilkades yang rencananya akan digelar pada tanggal 22 mei itu diharapkan akan terlaksana dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.

“Masalah yang biasanya terjadi adalah masalah wajib pilih. Ini yang sering disengketakan oleh calon pasca pilkades. Untuk itu saya meminta seluruh pihak yang terlibat pada pilkades, mulai dari kepala dusun, sekdes, pelaksana desa dan panitia pemilihan desa agar memberikan data yang akurat tentang wajib pilih yang akan dimasukkan dalam daftar pemilih tetap di desa itu. Jangan lagi ada sengketa setelah pemilihan hanya karena masalah dpt yang dianggap tidak akurat. Kita tidak inginkan masalah seperti itu terjadi lagi, “terang Bupati Kolaka.

Untuk diketahui berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kolaka, tahun ini pilkades akan dilaksanakan di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Wolo sebanyak 1 desa yaitu Desa Donggala, Kecamatan Samaturu sebanyak 5 desa yakni Desa Konaweha, Wowa Tamboli, Lambolemo, Amamotu dan Lawulo. Kecamatan Baula sebanyak 4 desa yakni Desa Puulemo, Puubenua, Watalara dan Puuroda. Kecamatan Pomalaa 4 desa yakni Desa Huko-Huko, Hakatutobu, Pesouha, Oko-Oko dan Totobo. Sementara untuk Kecamatan Tanggetada dan Polinggona diikuti masing-masing satu desa yakni Desa Petudua di Kecamatan Tanggetada dan Desa Puudongi di Kecamatan Polinggona. Sedangkan di Kecamatan Watubangga digelar di Desa Polenga, Kastura, Mataosu, Sumber Rejeki dan Langgosipi. Di Kecamatan Toari, diikuti oleh dua desa yakni Desa Anawua dan Ranojaya. (cr3/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top