KOTA KENDARI

Daftar BPJS Bisa Lewat Telepon

KOLAKAPOS, Kendari–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Setelah sebelumnya membuka pos pendaftaran di pusat perbelanjaan, kini pendaftaran bisa dilakukan melalui telepon.

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4 BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Alamsyah. Senin (15/5) Menurutnya untuk pendaftaran melalui telepon masyarakat bisa menghubungi nomor care centre 1500400.

“BPJS sengaja membuka pendaftaran melalui telpon untuk memudahkan masyarakat agar tidak perlu mengantri di Kantor BPJS Kesehatan,” katanya.
Namun lanjutnya, sebelum mendaftar, masyarakat harus menyediakan beberapa data diri seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, rekening tabungan dan alamat lengkap. Nantinya persyaratan tersebut akan ditanyakan oleh petugas BPJS Kesehatan. INSERT

“Perserta yang sukses melakukan pendaftaran via telpon, akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA) yang dikirim melalui ponsel atau email peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkankan membayar iuran pertama paling cepat 14 hari hingga 30 hari. BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta ke alamat peserta,” terangnya.

Ditambahkan, selain untuk pendaftaran kepersertaan, care centre 1500400 tersebut juga melayani konsultasi dengan dokter. “Peserta JKN bisa bertanya apa saja terkait penyakit yang dialami melalui telpon,”tambahnya.

Diinfokan jumlah peserta JKN-KIS yang terdaftar di BPJS Kesehatan Kendari mencapai 1.099.188 jiwa. Selain itu, ada 214 fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, klinik pratama, dokter perorangan hingga rumah sakit. BPJS Kesehatan Kendari juga bekerjasama dengan 28 fasilitas kesehatan tingkat lanjutan seperti Rumah Sakit, apotek dan optik yang tersebar dibeberapa wilayah yang ada di Sulawesi Tenggara. (k1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top