KONAWE SELATAN

Arsalim: 6000 Pelaku UMKM Menjadi Perhatian Pemda

Wabup Konsel Arsalim Arifin saat membuka kegiatan pelatihan disalah satu hotel di Kendari. FOTO: Syaprudin/Kolaka Pos

KOLAKA POS, Andoolo — Pemkab Konsel berkomitmen terus memperkuat Koperasi dan UMKM, dengan menggelar pelatihan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin disalah satu hotel di Kendari, dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 100 orang pelaku UMKM dan pengurus koperasi se Konsel, Senin (16/5) lalu.
Arsalim Arifin menjelaskan, tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut untuk meningkatkan pemaham dan mindset sebagai pelaku UMKM, yang bisa mencetak peluang usaha. Disamping itu, bisa memotivasi dan memfasilitasi apa-apa yang menjadi kendala di lapangan.
“Saat ini ada sekitar 6000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di Konsel, untuk itu pengembangan UKM menjadi perhatian Pemkab Konsel. Apalagi saat ini kita target untuk mencetak para usahawan, agar pertumbuhan ekonomi di Konsel cepat meningkat,” harapnya.
Selain itu, Pemkab Konsel saat ini telah mempermudah apa yang dihadapi para usahawan di lapangan.
“Sekarang kita sudah mudahkan mulai pengurusan izin-izinya, sampai dana Kredit Usaha Rakyat (KUR), hanya memang para UMKM ini masih banyak yang belum tahu cara pengelolaanya,” terang Arsalim.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Muh. Hisra, kembali menjelaskan terkait tujuan utama kegiatan tersebut. Yakni untuk peningkatan pemahaman pengurus koperasi dan menuju inovasi serta kerjasama bagi UMKM.
“Bagi pengurus koperasi diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, serta keterampilan bagi pengurus koperasi. Terkait kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan koperasi, organisasi dan manajemen koperasi, penataan kelembagaan koperasi dan pembuatan laporan, itu sangat perlu untuk diketahui,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakannya, bagi UMKM diharapkan pemahaman pelaku usaha kecil tentang pentingnya membangun kerjasama dengan perusahaan besar, sehingga mereka mampu bekerjasama dalam meningkatkan usahanya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top