HUKUM KRIMINAL

Guru SMAN Tipu 410 Orang Peminat Kursi CPNS

KOLAKA POS, Mandar — Polda Sulawesi Barat menangkap oknum guru SMAN 1 Wonomulyo, Polewali Mandar (Polman), Muhammad Tang.
Dia diduga menjadi koordinator penipuan modus percaloan CPNS di wilayah Sulselbar.
Tidak tanggung-tanggung jumlah korbannya mencapai 410 orang yang terdiri 187 orang di Sulbar dan 223 orang di Sulsel.
Dia meninggalkan kediamannya sejak November 2015 lalu. Hingga akhirnya diciduk di Hotel Dariza Jaya, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat, 12 Mei lalu.
Dir Reskrimum Polda Sulbar, Kombespol Hery Wijayanto menceritakan kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang merasa tertipu oleh pelaku.
Dimana mereka telah menyerahkan uang Rp 20 juta sampai Rp 100 juta, namun hingga kini tidak juga diangkat menjadi CPNS.
“Saya mengirimkan dua orang polisi untuk menangkap pelaku,” kata Kombespol Hery Wijayanto.
Mantan Kabid Humas Polda Bali ini mengatakan jaringan komplotan ini telah beraksi sejak tahun 2013. Hasil penyidikan sementara, komplotan ini memiliki jaringan nasional dipimpin YL, yang masih borun.
Salah seorang korban, Jamaluddin menuturkan dia telah menyetorkan uang kepada pelaku sebesar Rp 25 juta sebagai uang muka. Sisanya akan diserahkan setelah terangkat menjadi CPNS. Namun karena tidak kunjung terangkat dia pergi merantau ke Kalimantan.
“Saya dulu guru honorer di SDN Sese. Kesalahan saya pada waktu penyerahan uang tersebut adalah tidak adanya penjanjian karena terlalu percaya pada orang tersebut,” bebernya. Dia berharap kasus ini segera diungkap dan uangnya dikembalikan pelaku.
Kepala SMA Negeri 1 Wonomulyo, Abdul Kadir membenarkan tersangka MT adalah tenaga pengajar di sekolahnya.
Namun tersangka telah meninggalkan tugasnya sebagai guru Ekonomi sejak November 2015 lalu. Pihaknya telah melaporkan kasus ini pada Dinas Pendidikan Polman, sehingga gajinya dibekukan.
“Dia masih terdaftar sebagai PNS, namun dibekukan, itu yang saya tahu. Tapi itu waktu SMA masih di tangan kabupaten, sekarang sudah jadi kewenagan Provinsi, jadi belum ada informasi terbaru yang saya dapat,” ucapnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top