MUNA

Pemkab Muna Siapkan Seribu Hektar Sawah Baru

Bupati Muna, Rusman Emba

KOLAKA POS, Raha — Minimnya daya serap gabah petani sawah di kabupaten Muna, rupanya menjadi perhatian serius Bupati Muna LM Rusman Emba. Maka untuk meningkatkan produksi padi tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna telah menyiapkan lahan sawah baru yang bakal dicetak menjadi areal persawahan, dengan luas kurang lebih 1000 hekto are (Ha). Pasalnya, lahan baru itu akan ditempatkan di kecamatan Kabawo dan Kabangka.
“Saya kira itu menjadi perhatian serius kami, Insya Allah bantuan dari Kementerian Pertanian itu, pembukaan 1000Ha lahan persawahan,” ucap Rusman usai menerima kunjungan Silaturahim Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto yang diwakili AKBP Junaedi dari devisi Humas Mabes Polri, Selasa (16/5) siang.
Penerapan percetakan sawah baru itu, kata Rusman, saat ini Pemda Muna masih menunggu perkembangan informasi kebijakan dari Kementerian Pertanian. “Kita menunggu, karena kebijakan dari Kementerian ini, kadang-kadang agak lambat,” ucapnya.
Disisi lain, Rusman juga mengkritik kebijakan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pertanian lantaran eks anggota DPD RI ini mengaggap Kemeterian Pertanian sangat lamban mengeluarkan kebijakan. Padahal, Pemkab sudah terlanjur mensosialisasikan bantuan dan programnya.
“Semangatnya kita luar biasa menjemput. Kita sudah sosialisasikan ke masyarakat, namun fakta hari ini khususnya alatnya itu yang jadi masalah. Namun itu jangka panjang, kalau untuk jangka pendeknya ada cara-cara tehknis, tentu itu di SKPD yang membidangi,” terang bupati. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top