METRO KOLAKA

USN Siagakan Tim Tanggap Darurat Bencana Alam

Pengurus UKM USN saat foto bersama dengan Rektor dan sejumlah Pejabat USN

KOLAKA POS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menyatakan menyiagakan semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berpotensi dalam penanggulangan Bencana Alam untuk mengahadapi jika sewaktu-waktu terjadi Bencana Alam. Hal itu diungkapkan oleh Rektor USN Kolaka, Azhari usai melakukan kegiatan pertemuan pembentukan TIM Tanggap Darurat Bencana dengan sejumlah UKM yang ada di USN pada (16/5) di Kampus USN Kolaka.
“Jadi kita akan bentuk TIM Tangap Darurat Bencana, itu diidi oleh personil UKM-UKM yang ada di USN, jadi mereka akan disiagakan dan diterjunkan nanti jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam dimana saja, mereka akan dikirim untuk memberikan bantuan,” papar Azhari.
Adapun UKM yang berpotensi untuk diterjunkan dalam TIM tersebut, Azhari merinci diantaranya UKM Mahasiswa Pecinta ALam (Mapala), UKM search And Resque (SAR), UKM Korps Suka Rela (KSR), UKM Palang Merah Indonesia (PMI), UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) ditambah dengan sejumlah mahasiswa tenaga medis peralihan dari AKPER Pemda Kolaka.
Rektor juga menyatakan untuk pendanaan penyiagaan TIm tersebut, pihaknya sudah menyiapkan anggaran tersendiri untuk digunakan oleh TIM Tangap Daruta UKM USN tersebut. “Kita siapakn sekitar 150 juta anggarannya tahun ini, nantinya akan digunakan oleh tim jika terjadi tanggap daurat,” paparnya.
Selain itu kata Rektor di Kampus USN tersendiri, pihaknya akan menyiapakan satu posko atau ruangan tersendiri untuk digunakan TIM dalam siaga tanggap darurat.
Rektor juga menambahkan pihaknya akan terus melakukan pembinaan kesiapan TIM Tanggap darurat tersebut termasuk untuk meningkatkan skill dan kemampuannya. “Termasuk nantinya juga kita akan terus bekerjasama dengan beberapa lembaga lainnya di luar kampus untuk pembinaan skill dan kemampuan mereka seperti mengadakan latihan bersama,” ungkap Rektor. (cr4)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top