KOTA KENDARI

Nur Alam : Harganas Bangkitkan Harmonisasi Keluarga

KOLAKAPOS, Kendari–Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIV tingkat provinsi Sultra yang dilaksanakan di Kota Kendari, Senin, merupakan momentum untuk membangkitkan harmonisasi keluarga.

“Peringatan hari keluarga jangan hanya dianggap sebagai seremonial, tetapi yang lebih penting adalah penghayatan terhadap hari keluarga guna melakukan berbagai perbaikan bagi kehidupan keluarga sejahtera, kita kembali pada keluarga kita, bahagiakan keluarga kita, dan perkuat rasa tanggungjawab kita terhadap keluarga,” kata Nur Alam, saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Harganas ke-XXIV di Kendari, Senin.

Menurut Nur Alam, beberapa poin penting yang harus direnungkan dalam Harganas kali yakni pendidikan karakter anak-anak, ini yakni keluarga berusaha mempersiapkan bekal selengkap-lengkapnya kepada anak dengan memperkenalkan pola tingkah laku, sikap keyakinan, cita-cita, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan yang diharapkan akan dijalankan oleh mereka.

“Keluarga merupakan guru pertama dalam mendidik anak. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan sorang anak mulai dari bayi, belajar jalan, hingga mampu berjalan,” katanya.

Selain itu katanya, dalam masyarakat Indonesia dewasa ini fungsi di keluarga semakin berkembang, di antaranya fungsi keagamaan yang mendorong dikembangkannya keluarga dan seluruh anggotanya menjadi insan-insan agama yang penuh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Keluarga merupakan tempat yang nyaman bagi para anggotanya. Fungsi ini bertujuan agar para anggota keluarga dapat terhindar dari hal-hal yang negatif. Dalam setiap masyarakat, keluarga memberikan perlindungan fisik, ekonomis, dan psikologis bagi seluruh anggotanya,” katanya.

Keluarga juga kata Nur Alam, harus memberikan suasana yang sangat gembira dalam lingkungan. Fungsi rekreatif dijalankan untuk mencari hiburan. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top