KONAWE SELATAN

Perangkat BPD Harus Bersinergi dengan Pemerintah

KOLAKAPOS, Andoolo–Ratusan perangkat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari tiga Kecamatan di Konsel diambil sumpah secara berjamaah di Kecamatan Kolono Timur, kemarin (17/5).

Tiga Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kolono, Kolono Timur dan Moramo. Pengambilan sumpah jabatan terhadap aparat BPD desa tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.
“Pengambilan sumpah dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait peran dan tugas fungsi BPD di tiap desa, agar dalam menjabat dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat di desa masing-masing, utamanya dalam membuat peraturan desa,” ungkap Surunuddin Dangga dalam sambutannya.
Mantan ketua DPRD Konsel ini menjelaskan, pengambilan sumpah aparat desa tersebut sebagai amanat Permendes RI nomor 110 tentang perangkat BPD.
“Jadi semua ketua pengurus dan anggota harus diambil sumpahnya secara resmi oleh bupati,” jelasnya.
Pihaknya berharap kepada semua anggota BPD yang telah diambil sumpahnya agar bekerja lebih maksimal.
“Saya harap BPD harus selalu sinergi dengan pemerintah desa dalam mensukseskan program di desa menuju Desa Maju Konsel Hebat,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Konsel, I Putu Darta MT, mengungkapkan sebanyak 110 anggota BPD yang telah dilantik.
“Jumlah ini terdiri atas tiga kecamatan, yakni Moramo sebanyak 14 desa dan 70 anggota BPD. Sementara Kolono terdiri 7 desa dan 35 anggota, ditambah Kolono Timur 1 desa dan 5 BPD. Jadi totalnya 110 BPD yang disumpah,” rincinya.
Ia berharap kepada perangkat Desa yang telah disumpah agar kembali bekerja dengan baik.
“Ini juga sebagai upaya pemerintah dalam menumbuhkembangkan demokrasi yang sehat mulai dari desa, karena tanpa BPD maka otomatis program tidak akan berjalan maksimal,” tutupnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top