EKOBIS

Asuransi Syariah Optimistis Tumbuh 61 Persen – JPNN.COM

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Surabaya–Asuransi syariah dipredikasi akan terus tumbuh membaik di Indonesia. Selain karena kepercayaan terhadap prinsip syariah Islam, tapi juga banyak bank maupun perusahaan asuransi yang sudah menawarkan asuransi tersebut.

Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director PT Prudential Life Assurance menjelaskan, pangsa pasar asuransi syariah di Indonesia masih 36 persen di akhir 2016.

Ditargetkan, pangsa pasar asuransi syariah mencapai 61 persen dalam dua tahun mendatang.

“Dari penelitian kami, beberapa alasan masyarakat memilih asuransi syariah, 87 persen memilih karena selaras dengan prinsip syariah Islam,” jelas dia

Lebih lanjut Nini menjelaskan, sebanyak 43 persen menyatakan karena hasil investasinya lebih baik, 42 persen karena mendapat rekomendasi keluarga.

Sementara untuk kontribusi dimiliki nasabah dimana perusahaan hanya sebagai pengelola sebanyak 39 persen, 38 persen saling membantu melalui dana tabarru, 34 persen karena saya muslim, 33 persen karena manfaatnya sesuai dengan kebutuhan, 32 persen mendapat rekomendasi tenaga pemasaran.

Alasan lainnya masyarakat tidak memilih menggunakan asuransi syariah, ujar dia, 53 persen mengatakan karena belum banyak yang membeli asuransinya, 42 persen mengatakan hasil investasi kurang baik, 29 persen merasa tidak ada perbedaan dengan asuransi konvensional, 26 persen merasa kurang penjelasan.

”Banyak alasan yang membuat masyarakat tidak memilih asuransi jiwa syariah itu,” jelas Nini. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top