METRO KOLAKA

Dicabut, Subsidi Listrik 900 VA pada Juli

ILustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Banyaknya keluhan masyarakat terkait kenaikan pembayaran listrik saat ini di Kolaka terutama untuk pelanggan daya 900 VA, diakibatkan adanya kebijakan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang pencabutan subsidi pada sebagian pelanggan di golongan ini dan akan dicabut full Juli 2017.

“Tarif 900 VA itu kini dibagi dua, ada rumah tangga miskin dan mampu, karena adanya kebijakan pemerintah itu sehingga membuat adanya kenaikan pembayaran. Naiknya bertahap sejak Januari dan Juli nanti sudah full,” kata Iwan Kepala PLN Kolaka saat menghadiri panggilan RDP DPRD Kolaka kemarin.
Dia juga memaparkan sekitar 7000 pelanggan listrik di Kolaka pada golongan ini akan merasakan kenaikan pembayaran listrik tersebut. “Jadi memang ada sekitar 7000 pelanggan di Kolaka akan merasakan kenaikan tersebut karena subsidinya dicabut,” terangnya.
Iwan juga memaparkan kenaikan tersebut cukup tinggi hingga 2 kali lipat lebih dari pembayaran sebelumnya. “Jadi sekitar hampir tiga kali lipat, harga masih disubsidi itu sekitar 600an perkwhnya kini mencapai 1500 perkwhnya, jadi misalnya jika dulunya sering membayar hanya 100 ribu perbulannya maka kini bisa mencapai 250 ribu sampai 275 ribu perbulannya dengan pemakaian yang sama,” ungkapnya.
Lanjutnya kenaikan tersebut adalah kebijakan pemerintah yang harus ditaati oleh PLN sebagai perusahaan negara. “Ya kita ini sebagai perusahaan negara harus menjadi eksekutornya,” ujarnya.
Dia juga mengatakan nantinya harga listrik yang sudah tidak disubsidi juga akan mengacu pada kurs dollar. (Cr4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top