BERITA UTAMA

Distan Koltim Cegah Petani Pakai Zat Kimia

Kadis Pertanian Koltim, Laski Paemba saat membawa materi pada Pelatihan Kelompok Petani di Koltim.FOTO:Sofyan/Kolaka Pos.

KOLAKAPOS, Kolaka–Belum terjaminnya hasil pertanian dari kandungan bahan kimia membuat pemerintah daerah Kolaka Timur (Koltim) menggelar Pelatihan petani peningkatan produksi dan produktivitas pertanian. Pelatihan yang digelar di lima kecamatan itu menitip beratkan pada pembentukan karakter petani yg berwawasan agribisnis yang ramah lingkungan.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah, melalui Kepala Dinas Pertanian Koltim Laski Paemba, mengatakan bahwa sasaran pelatihan ini antara lain petani dan kelompok tani padi sawah, perkebunan dan hortikultura yang nantinya dapat diharapkan akan memproduksi hasil pertanian yg aman untuk di konsumsi dan bebas dari residu kimia.

“Selama ini penggunaan zat kimia baik berupa racun pestisida maupun berupa pupuk yang digunakan oleh petani pada tanamannya belum dapat dijamin keamanannya dari residu kimia. Makanya dengan pelatihan ini kedepan para petani kita tidak lagi menggunakan zat kimia pada hasil pertanian, Sehingga nantinya semua hasil pertanian kita baik berupa padi, sayur mayur hingga hasil perkebunan lainnya bisa bebas dari unsur kimia, “Kata Laski Paemba.

Laski menambahkan, Pelatihan Petani peningkatan produksi dan produktivitas pertanian ini dalam rangka mewujudkan wilayah agrobisnis yg unggul dan berdaya saing tinggi. Pelatihan ini kata Kadis Pertanian Koltim, Dilaksanakan selama 5 hari di lima kecamatan. Program tersebut merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur saat ini. (m2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top