KOLAKA TIMUR

E- KTP Elektronik Koltim Mulai Dicetak

Salah satu Staf Dinas Capil Koltim yang menunjukan KTP-El yang sudah dicetak.FOTO:La Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kabar gembira bagi warga Kabupaten Kolaka Timur, khususnya bagi yang sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Sebab, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kolaka Timur telah menjawab keluhan masyarakat selama ini yang hanya diberikan surat keterangan atau KTP-El sementara. Karena, mulai terhitung Selasa 16 Mei kemarin, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kolaka Timur sudah bisa dilakukan perekaman KTP-El. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kolaka Timur Anwar Hamzah kepada wartawan koran ini, kemarin.

Untuk itu kata Anwar Hamzah, pihaknya akan segera memaksimalkan percetakan KTP-El. Mengingat, Kabupaten Kolaka Timur memiliki blanko KTP-El sebanyak enam ribu keping. Jumlah itu merupakan buah hasil perjuangannya selama ini dan mulai ada sejak bulan kemarin, sehingga pihak Kementerian memberikan blanko tersebut. “Yang jelas, yang akan dicetak dahulu adalah mereka yang sudah melakukan perekaman selama ini dengan bukti surat keterangan sementara dari Dinas Capil Koltim,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, untuk hari pertama percetakan KTP-El baru terlaksana puluhan saja. Sebab, pihaknya baru melakukan percetakan ketika sore hari menjelang jam kerja berakhir. “Hari Selasa 16 Mei waktu sore, yang sudah kami cetak baru sekitar puluhan. Itupun hanya beberapa jam saja,” katanya.

Selain itu katanya, meskipun pihaknya saat ini sudah bisa melakukan percetakan KTP-El, tidak serta merta bagi warga Koltim yang sudah melakukan perekaman langsung bisa dilakukan percetakan KTP-El. Sebab, masih tetap tergantung bagusnya jaringan kepusat. Karena, sumber data, berada di server pusat, sehingga jaringan tetap yang utama. “Yang jelas, Koltim sudah bisa melakukan percetakan KTP-El. Jadi, bagi warga Koltim yang sudah melakukan perekaman, sebaiknya langsung saja melakukan percetakan di kantor Dinas Capil dan Kependudukan Koltim untuk dilakukan percetakan,” katanya yang saat ini masih berada di Gorontalo.

Terkait keterlambatan selama ini dalam percetakan KTP-El pasca Koltim sudah memperoleh blanko katanya, pihaknya akan menyampaikan langsung pada saat pertemuan Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil se Indonesia yang akan dilaksanakan pada 17-19 Mei ini, di Provinsi Gorontalo. Provinsi Gorontalo. “Apapun permasalahan yang ada sama kami selama ini, akan saya sampaikan saat rapat koordinasi nanti, sehingga bisa ada solusinya demi warga Kolaka Timur,” tutupnya yang saat ini sementara berada di Gorontalo. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top