BERITA UTAMA

Puskesmas Konda Gratiskan Pengobatan Korban Banjir

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Andoolo–Masyarakat korban banjir di kecamatan Konda, kabupaten Konsel, mendapat bantuan pengobatan gratis, dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Konda.

Kepala Puskesmas Konda, Muhammad Achyar mengungkapkan, pengobatan gratis tersebut dilakukan sejak terjadinya banjir hingga saat ini.
“Pasien korban banjir itu kita gratiskan, baik itu pasien yang kita tolong langsung di lokasi banjir maupun yang datang ke kantor, hal ini telah saya tekankan kesemua unit pegawai Puskesmas, termasuk Apotik tempat pembayaran terakhir. Supaya digratiskan saat banjir hingga pasca banjir,” jelasnya, Kamis (18/5).
Pengobatan gratis tersebut lanjut dia, berlaku bagi seluruh pasien yang merupakan dari korban banjir, meskipun pasien tersebut tidak memiliki kartu kesehatan, seperti BPJS, KIS dan JKN.
“Berlaku bagi semua, meskipun pasien itu tidak punya kartu kesehatan sama sekali, makanya kita data, mulai orangnya, obat yang diberikan hingga alat apa saja yang digunakan. Untuk menanggulangi biaya pengobatan itu, kita masukan dilaporan kemudian kita koordinasikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten untuk penggantian,” ungkapnya.
Achyar mengimbau, bagi pasien yang ingin mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis tersebut, harus didata terlebih dahulu untuk memastikan status pasien sebagai bagian dari korban banjir.
“Hingga saat ini data pasien korban banjir yang datang berobat di Puskesmas Konda, baru mencapai sebelas orang, dimana rata-rata pasien mengeluh menderita sakit gatal-gatal dan demam,” paparnya.
Untuk diketahui, wilayah kecamatan Konda terdapat dua desa yang terkena dampak banjir, yakni desa Lawoila dengan 33 Kepala Keluarga (KK) dan desa Puosu Jaya sebanyak 30 KK. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top