BOMBANA

Ruas Jalan Trans Bombana-Kendari Rusak

Akibat curah hujan yang tinggi ruas jalan trans Bombana-Kendari rusak.FOTO:La Ode Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Curah hujan yang tinggi beberapa hari ini mengakibatkan setengah ruas badan jalan utama yang berada di lingkungan Tompobatu, kelurahan Lameroro, kecamatan Rumbia, rusak parah bahkan longsor, Kamis (18/5).
Melihat kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan, terutama disaat malam hari. Pemkab Bombana tidak dapat berbuat banyak, karena jalan ini merupakan tanggung jawab Pemprov Sultra.
Anggaran merupakan kendala dalam proses perbaikan, karena Bombana diperhadapkan dengan Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang menelan anggaran miliaran.
Pantauan Kolaka Pos, lapisan tanah yang labil genangan air yang mendiami ruas jalan menjadi pemicu terjadinya kerusakan sehingga mengakibatkan longsor.
Pj bupati Bombana Sitti Saleha, yang turun meninjau lokasi mengatakan dengan kejadian ini tentu akan mengganggu aktifitas masyarakat khususnya disektor ekonomi.
Jalan ini merupakan akses jalan yang terdekat dengan kabupaten lain bahkan provinsi, untuk itu dirinya memerintahkan pada instansi terkait untuk penanggulannya, sebelum ada tanggapan dari pemerintah provinsi.
“Kami akan sampaikan pada provinsi agar secepatnya melakukan perbaikan, karena jalan ini merupakan tanggung jawab provinsi,” ungkap Saleha.
Ia menambahkan, agar tidak menghambat pengguna jalan yang bakal melintas, dirinya akan memerintahkan secepatnya Dinas PU untuk membuat akses jalan alternatif sambil menunggu penyelesaian pekerjaan jalan yang bakal dilakukan oleh pemerintah provinsi.
“Kita berharap provinsi Sultra secepatnya menanggapi masalah jalan yang rusak ini, agar pengguna jalan yang melintas merasa aman,” tandasnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top