METRO KOLAKA

Hari Ini, 24 Desa Gelar Pilkades Serentak

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 24 desa di Kabupaten Kolaka hari ini (22/5) menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Ke 24 desa tersebut antara lain Desa. Donggala Kecamatan Wolo, Desa Konaweha, Wowa Tamboli, Lambolemo, Amamotu dan Lawulo di Kecamatan Samaturu, Desa Puulemo, Puubenua, Watalara dan Puuroda di Kecamatan Baula, Desa Huko-Huko, Hakatutobu, Pesouha, Oko-Oko dan Totobo di Kecamatan Pomalaa, Desa Petudua di Kecamatan Tanggetada, Desa Puudongi di Kecamatan Polinggona, Desa Polenga, Kastura, Mataosu, Sumber Rejeki dan Langgosipi di Kecamatan Watubangga dan Desa Anawua dan Ranojaya di Kecamatan Toari.

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei mengharapkan agar pelaksanaan Pilkades tahun ini hendaknya dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Utamanya kata dia, terkait masalah Daftar Wajib Pilih (DPT) hendaknya sudah tak ada masalah hingga pelaksanan Pilkades diselenggarakan.

“Kami harapkan agar masalah DPT tidak ada lagi masalah hingga berakhirnya pelaksanaan Pilkades diselenggarakan. Untuk itu kepada panitia pemilihan, pelaksana Kades, Sekdes dan camat yang menggelar pemilihan hendaknya menuntaskan DPT minimal H-7 pilkades digelar, ” terang Bupati Kolaka.

Dirinya juga menambahkan bahwa siapapun yang terpilih pada Pilkades tersebut hendaknya diberikan dukungan oleh semua pihak, sebab siapapun di jika terpilih, berarti pilihan terbaik dari masyarakat setempat.

“Siapapun terpilih asalkan melalui mekanisme yang baik dan benar, harus kita dukung bersama. Jangan lagi ada pihak-pihak yang tidak menerima kekalahan pihak lain. Apalagi pasca pemilihan, kita terlalu disibukkan dengan aduan dan sengketa dari pihak yang tidak terpilih. Makanya jika ada hal yang dianggap bermasalah, sebaiknya kita musyawarakan dengan baik, agar tidak menjadi masalah yang besar, “harap Bupati Kolaka Ahmad Safei. (cr3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top