KOTA KENDARI

Kerajinan Rotan Jadi Industri Primadona

KOLAKAPOS, Kendari–Kepala Dinas Perindistrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sitti Saleha mengatakan, kerajinan rotan menjadi industri kerajinan primadona di daerah itu.

“Kerajinan rotan memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan di daerah ini, sehingga kami senantiasa mendorong para pengrajin di daerah itu untuk mengembangkan produksi kerajinan rotan,” kata Saleha, di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, kerajinan rotan ini bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok pengrajin di daerah ini.

“Asalkan ada saling dukung antara masyarakat pengrajin dan pemerintah. Pemerintah memasarkan sedangkan pengrajin fokus tingkatkan produksi,” katanya.

Ia menyebutkan, hasil produk industri kerajinan rotan yang banyak diminati selama ini seperti rak piring, meja, kursi, almari, dan beberapa bentuk produk lainnya.

Dijelaskan, agar hasil produksi pengrajin bisa bersaing dengan produk daerah lain, katanya, maka pihaknya juga terus gencar melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap kelompok usaha kerajinan rotan di daerah ini, agar hasil produksi mereka bisa meiliki kualitas yang baik.

“Kalau kualitas produksi kita baik, pasti akan bayak pengusaha besar untuk membeli produk kita, dan pemasarannya juga mudah sebab bisa bersaing dengan produksi dari daerah lain,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top