BERITA UTAMA

Lokasi Tambang Emas Ilegal di Ulunggolaka Dihijaukan

Bupati Kolaka bersama Kapolres Kolaka melakukan penanaman pohon di lokasi eks penambangan emas ilegal.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Aktivitas penambangan emas ilegal, di kelurahan Ulunggolaka, kecamatan Latambaga yang telah dihentikan oleh Pememrintah Daerah (Pemda) kabupaten kolaka, sejak beberapa pekan lalu kini menyisahkan kerusakan lingkungan yang cukup parah. Pemda kolaka bersama instansi terkait, melakukan penghijauan di lokasi hutan konservasi milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu pagi (21/5).

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan, penanaman 2000 pohon di lokasi eks tambang emas ilegal, yang digagas oleh forum komunikasi pimpinan daerah kabupaten Kolaka, dengan instansi terkait agar kondisi hutan konservasi milik BKSDA provinsi Sultra, bisa pulih kembali.

“Pasca dilakukannya penghijauan di lokasi eks tambang emas ilegal ini, diharapkan tidak ada lagi aktivitas penambangan di dalamnya,” ungkapnya yang ditemui di lokasi penanaman didampingi wakil bupati, bersama Kapolres dan Wakapolres Kolaka.

Dia menjelaskan, penghijauan di lokasi eks tambang emas ilegal dilakukan, karena kondisi hutan konservasi tersebut sudah rusak akibat penambangan emas tanpa izin sejak dua bulan yang lalu. “Sementara kawasan tersebut, selain sebagai hutan konservasi, juga merupakan daerah cadangan air baku kabupaten Kolaka, yang rencananya di sekitar sungai Ulunggolaka akan dibangun saluran PDAM, untuk menyuplai air kepada masyarakat Kolaka,” ujarnya.

Sementara itu, wakil bupati Kolaka Muhammad Jayadin mengatakan, terkait masalah pengawasan pasca dilakukannya penghijauan di lokasi eks penambangan emas di Ulunggolaka, akan dikoordinasikan dengan instansi terkait. “Yang jelas, himbauan dan larangan untuk dilakukan penambangan di sekitar wilayah konservasi sudah ada, sanksinya jika ada yang melanggar sangat jelas, tentunya ada sanksi yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandasnya. (cr1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top