POLITIK

Koalisi Golkar dan Demokrat Makin Menguat di Pilwako Jambi

Wali Kota Jambi Sy Fasha saat menyapa warga.

KOLAKAPOS, Jambi–Arah dukungan Demokrat di Pemilihan Wali Kota Jambi 2018 semakin menguat ke Sy Fasha. Dukungan ini menguat setelah adanya signal partai berlambang merci ini untuk menjodohkan kadernya dengan calon petahana tersebut.

Wakil ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, Cornelis Buston tidak menapikan hal tersebut. Walaupun memiliki kader internal, partainya ingin lebih realistis melihat dinamika politik.
Bahkan dirinya berharap koalisi Demokrat dan Golkar bisa terwujud pada hajatan demokrasi tanah pilih puseko betuah. Menurutnya, calon petahan Sy Fasha masih terlalu kuat untuk dikalahkan.
“Yang pasti, incumbent masih sangat kuat. Untuk saat ini belum ada kader kita yang mumpuni untuk mengalahkan incumbent,” ujarnya.
Cornelis menyebutkan partainya tidak ingin memaksakan diri. Begitu juga untuk mengusung kadernya sebagai calomn nomor satu di Pilwako Jambi 2018.
“Jangan dipaksakan. Kita mau menang untuk membangun Kota Jambi,” jelasnya.
Setali tiga uang, ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi Burhanuddin Mahir (Cik Bur) juga ingin realistis. “Kita realistis saja, mungkin kita di posisi wakil saja. Namun demikian, kita tetap akan melihat hasil survey,” sebutnya.
Mantan Bupati Muaro Jambi dua periode ini juga tidak membantah komunikasi petahana Sy Fasha dengan Demokrat terbangun baik. “Beliau sering komunikasi dengan kita, sillaturrahim terbangun dengan baik,” sebutnya.
Namun demikian, Cik Bur belum mau menyebut secara gamblang ke mana arah dukungannya di Kota Jambi. Alasannya selain Pilkada masih jauh, pihaknya juga masih ingin malakukan survei.
“Nanti saja. Kita jalankan dulu mekanisme partai, Pilkadanya juga baru akan dilaksanakan tahun depan,” jelasnya.
Sebelumnya, Sy Fasha menyambut baik niatan Demokrat. Beberapa nama yang santer disebut-sebut bakal mendampinginya juga direspon positif.
“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih dan menyambut baik sekali. Tapi mungkin akan ada mekanisme yang harus dilalui, misalnya dengan survei,” ucapnya.
Tapi Fasha masih eggan terbuka terkait siapa saja nama yang disodorkan Demokrat. Ia beralasan masih fokus dengan tugasnya sebagai Walikota Jambi.
Sementara itu, ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi menyambut baik adanya wacana koalisi Golkar dan Demokrat. Tapi untuk calon sudah tidak ada tawar menawar lagi, partainya sudah mengunci dukungan kepada Sy Fasha.
“Kita tentu senang bila wacana ini terealisasi. Hubungan Golkar dan Demokat selama ini juga baik. Tapi kita tetap nomor satu,” pungkasnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top