POLITIK

L-API: Langkah Tim Sinkronisasi Anies-Sandi Sangat Jitu

KOLAKAPOS, Jakarta–Perhelatan Pilkada DKI Jakarta telah usai pasca ditetapkannya Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno sebagai Gubernur dan Wakil Guberbur terpilih DKI Jakarta.

Direktur Strategi dan Analisis Data Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API), Fadlin Guru Don mengharapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk bersama semua pihak kembali membenahi persoalan yang ada di Jakarta.
Fadlin mengapresiasi langkah Anies-Sandi membentuk tim sinkronisasi. Pembentukan tim sinkronisasi, kata Fadlin, adalah langkah cerdas dan jitu.
“Saya kira langkah yang diambil oleh tim sinkronisasi Anies-Sandi adalah langkah cerdas dan jitu, karena tujuannya adalah melakukan komunikasi-komunikasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk sama-sama membincangkan program-program kedepannya. Langkah ini akan mendapat apresiasi seluruh komponen masyarkat Jakarta,” kata Fadlin.
Pengajar di Universitas Mercu Buana Jakarta ini menjelaskan, langkah tersebut sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2017 agar pimpinan daerah yang baru dipilih, bisa ikut dalam pembahasan RPJMD dan RKPD tahun ke depan.
Upaya tim sinkronisasi Anies-Sandi ini, menurut Fadlin menunjukkan bahwa demokrasi kita sudah berjalan dengan baik dengan menjunjung tinggi musyawarah mufakat.
“Ini bukti demokrasi kita telah berjalan dengan baik. Itulah hebatnya demokrasi kita yang senantiasa mengajarkan kepada kita untuk selalu bergandengan tangan (Friendly enemy) ditengah perbedaan,” kata Fadlin.
Ia juga memuji langkah Anis-Sandi untuk membuat Jakarta kembali sejuk dan aman. Salah satu di antaranya adalah Anies-Sandi mau berbaur dan bermusyawarah dengan pemerintah sebelumnya. Yakni mengundang Djarot Saiful Hidayat selaku Plt Gubernur DKI Jakarta untuk bersama membahas program-program kedepannya termasuk meneruskan program kerja Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
“Ini adalah sikap yang dermawan yang tanpa mengabaikan karya pak Ahok selama ini,” ujar Fadlin yang juga Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Donggo Bima (DPP-IPMDB) ini.(fri/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top