MUNA

Rayakan HUT Kodam XIV/Hasanuddin–Kodim 1416/Muna Gelar Bersih-Bersih

Prajurit TNI-AD dari Kodim 1416/Muna bersama masyarakat melakukan pembersihan sampah di areal pasar Laino kota Raha.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Ratusan prajurit TNI dari Kodim 1416 Muna dikerahkan untuk membersihkan sampah di dalam kota Raha Selasa, (23/5) pagi. Pasalnya, gerakan karya bakti bersih-bersih sampah tersebut merupakan upaya prajurit TNI-AD dari Kodim 1416/Muna dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XIV/Hasanuddin Ke-60. Tidak hanya prajurit TNI yang melakukan pembersihan pagi itu, namun melibatkan Satpol PP, ASN, Pelajar, aparat kepolisian serta masyarakat.

Kasdim 1416/Muna Mayor Inf Suharjani Dwi Siswanto mengatakan, pembersihan sampah itu tidak hanya dilakukan dalam kota Raha, namun dilakukan secara bersamaan di seluruh Koramil wilayah toritorial Kodim 1416 Muna yang ada di tiga kabupaten yakni Muna, Muna Barat, dan Buton Utara.

Untuk dalam Kota Raha, kata mantan PLH Dandim 1416 Muna ini, difokuskan di halaman kantor Bupati Muna, pasar dan terminal Laino kelurahan Laiworu dan halaman Mesjid Baitul Makmur kelurahan Raha 2 kecamatan Katabu, Muna. Dengan harapan dapat mengajak warga agar bisa lebih sadar untuk menjaga kebersihan.

“Kebersihan merupakan tanggung jawab kita semua. Jika lingkungan bersih, saya yakin kita bekerja jadi tenang dan nyaman,” ujarnya.

Dwi juga mengatakan, kegiatan karya bakti itu, selain bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian akan kebersihan lingkungan khususnya dilingkungan pasar, areal pemerintahan, dan tempat ibadah, juga mendukung program pemkab Muna dalam meraih Adipura, serta sebagai upaya TNI-AD untuk memecahkan rekor muri dalam rangka ulang tahun Kodam IIV/Hasanuddin ke-60.

Sementara itu, Asisten I Pemda Muna La Ege mengapresiasi karya bakti yang digelar Kodim 1416/Muna pagi itu. Kata Dia, karya bakti ini akan di jadikan sebagai tonggak untuk meningkatkan kinerja ASN lingkup Pemkab Muna dalam berbakti pada nusa dan bangsa. “Tujuan lain bukan hanya meraih rekor muri, tapi memberikan kesadaran buat masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkuangan. Apalagi kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” terangnya.

Hal senada juga diucapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupatan Muna Haris. Ia berharap kegiatan tersebut dapat terus berjalan.”Kita menuju Adipura. Kebersihan kota ini tidak mungkin bisa dilakukan oleh petugas kebersihan sendiri, tetapi perlu komitmen dan partisipasi semua pihak, dan TNI memulainya,” ucapnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top