EKOBIS

LEM Bisa Mensejahterakan Petani

Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka H. Darwis saat memberikan informasi kepada pengurus LEM.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di kolaka semakin berkembang, bahkan saat ini lembaga yang hampir terdapat di semua kecamatan yang ada di Kolaka. Dengan adanya LEM di kolaka bisa mejadi wadah untuk petani dalam penyelesaiakan malah yang ada di lapangan.

Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka H. Darwis kepada kolaka pos mengatakan pembetukan LEM di Kolaka akan menbawa dampak baik pada petani. Dimana petani bisa mempunyai komunitas untuk menemukan hal baru dalam profesinya.
“Hal baru yang saya maksud adalah mengetahui teknologi pertanian, mauapun jenis tanaman baru dan pengendalian hama tanaman secara alami. Itulah salahsatu pembentukan LEM di Kolaka,” ujarnya

Lanjut ia mengatakan untuk selalu melakukan koordinasi mengenai perkembangan perkebunan di Kolaka ia mengaku selalu melakukan pertemuan dengan ketua LEM se kabupaten Kolaka. Dalam pertemuan tersebut pengurus LEM harus memberian informasi dan masalah apa yang terjadi di lapangan.

“Informasi yang di berikan oleh kelompok LEM se kabupaten Kolaka, akan di teruskan menjadi preoritas di dinas perkebunan tahun berikutnya. Misalkan petani membutuhkan bibit, maka kami akan mengusulkan di kabupaten untuk pengadaan bibit, baik itu bibit tanaman jangka panjang maupun jangka pendek. Kami akan memberikan preoritas tersebut kepada petani,” ujarnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top