KOTA KENDARI

Ramadhan, BI Bersama Perbankan Siap Penuhi Kebutuhan Uang Tunai

KOLAKAPOS, Kendari–Sebagaimana setiap tahunnya menjelang ramadhan & Idul fitri kebutuhan uang tunai di masyarakat akan meningkat, olehnya Itu Bank Indonesia (BI) bersama dengan perbankan siap memenuhi kebutuhan masyarakat di ramadhan & Idul fitri tahun ini.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra Menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2017 kebutuhan masyarakat Sultra terhadap rupiah diproyeksikan meningkat 25% dari tahun lalu menjadi sebesar Rp. 1,75 triliun .

“Tahun lalu sekitar Rp.1,4 triliun. tahun ini Bank Indonesia memastikan kebutuhan sebesar Rp. 1,75 triliun tersebut akan dapat dipenuhi dengan baik dengan menyediakan uang sebanyak Rp 2 triliun,” katanya. Rabu (24/5).

Dikatakan guna memenuhi kebutuhan Uang Layak Edar (ULE) masyarakat di Sultra BI menmbuka layanan penukaran uang di kantor BI Sultra, serta menyelenggarakan layanan Kas keliling baik di Kota Kendari maupun di luar kota kendari.

“Untuk layanan di kantor BI Sultra, penukaran bisa dilakukan di loket penukaran, setiap hari selasa dan kamis mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.30. Untuk layanan kas keliling dengan tena ‘Kas Keliling Bersama Ramadhan’ diselenggarakan setiap hari senin dan rabu selama Bulan ramadhan, bertempat di pintu masuk Mall mandonga dan pasar sentral kota, mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00,” terangnya.

Kemudian lanjutnya untuk masyarakat diluar kota layanan kas keliling akan dilaksanakan pada minggu ke dua dan ke tiga Ramadhan yaitu di unaha kabupaten Konawe, Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan dan Wawonii kabupaten Konawe kepulauan.
Ditambahkan untuk mengoptimalkan uang kartal keseluruh wilayah Sultra pihaknya juga terus melakukan dropping ke dua Kantor kas titipan yakni Kas titipan Kota Baubau dan kas titipan Kabupaten Kolaka.

“Kas titipan di Baubau, untuk memenuhi kebutuhan uang diwilayah Baubau, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton tengah, Raha dan Wakatobi, serta kas titipan Kolaka untuk memenuhi untuk memenuhi kebutuhan di Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur,” tandasnya (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top