KOLAKA TIMUR

Sultra Seleksi Pemain Sepakbola U-12

Camat Dangia saat membuka seleksi Pemain U-12.FOTO:La Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Dalam menghadapi kejuaran sepak bola U-12 di Magelang dalam waktu dekat ini. Korwil Sultra U-12 melakukan seleksi kepada pemain. Tidak tanggung-tanggung, terdapat delapan Kabupaten dan Kota yang ada di Sultra telah mengirimkan perwakilannya. Dimana tiap Kabupaten dan Kota telah mengirimkan satu tim. Seleksi tersebut, dipusatkan di Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, yakni dilapangan sepak bola Haluoleo, Kamis (25/5).

Ketua Korwil Sultra U-12 Kemenpora Romi Nambu kepada kolaka pos mengungkapkan, kegiatan ini di lakukan dalam rangka proses seleksi untuk kejuaran U- 12 di magelang yang di adakan oleh kemenpora. “Makanya, kami lakukan seleksi lebih awal, sehingga agar persiapan tim nantinya lebih matang,” ungkapnya.

Dari semua peserta tiap Kabupaten dan Kota katanya, pihaknya melakukan pemilihan semua SSB yang ada di Sultra melalui proses prakualifikasi di lakukan beberapa kali. Dan setiap kabupaten memilih dua pemain. Tapi itu bukan acuan kalau berpotensi bisa lebih.

“Setelah selekse selesai, kemudian kami akan memillih sebanyak 14 pemain untuk mewakili sultra putaran final di kota magelang,” bebernya.

Ia juga mengakui, seleksi di kali ini lebih awal. Sementara tim seleksi terdiri dari panitia dan pelatih pelatih senior yang sudah paham terkait bakat bakat pemain,dan masing masing panitia di kabupaten masing-masing dan berkoorsinasi dengan dikmudora.
“Itu wajib dilakukan. Sehingga tim U-12 ini masuk kategori tim nasional pelajar kemenpora nantinya,” tambahnya.

Setelah itu pada tanggal 15-16 juli kita lakukan penggodokan di provinsi,karena hasil seleksi yang di pilih dari masing masing kabupaten akan di bentuk 1 tiem untuk mewakili sultra.
“Untuk koltim sebenarnya banyak bibit khususnya di kecamatan lambandia dan dangia ini, sehingga yang kami harapkan para pemain senoir untuk memberikan motivasi agar bibit pesepak bola di koltim bisa berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Dangia Marsalim yang membuka kegiatan seleksi mengungkapkan, untuk kab kolaka timur khususnya kecamatan Dangia merupakan barometer bibit sepak bola. Hal ini dapat di lihat setiap even olah raga terbesar selalu di adakan di kecamatan dangia.

“Saya berharap pada proses seleksi ini, ada beberapa pemain bisa terpilih dan saya dengar sudah ada tiga pemain dari SSB gunung jaya sudah bisa masuk, kalau sampai bisa terpilih bukan hanya kecamatan dangia yang bangga tapi se kabupaten koltim juga ikut merasakan kebanggan itu,ini moment paling tepat dan saya harap anak anak dari sini bisa ikut kompetisi final U-12 di kota magelang nantinya, tutupnya. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top