POLITIK

Sejauh Ini Bakal Ada Lima Poros di Pilkada Lampura

KOLAKAPOS, Bandar Lampung–Suhu politik di Lampung Utara kian memanas jelang pilkada serentak 2018 mendatang.

Sejauh ini, perebutan dukungan parpol terus dilakukan sejumlah kandidat.
Tercatat, berdasar fragmentasi parpol yang ada, sejauh ini masih ada lima poros kader parpol yang berpeluang maju.
Data yang dihimpun Radar Lampung (Jawa Pos Group), lima poros tersebut mewakili lima parpol besar di Lampura yang punya kursi signifikan. Namun pada akhirnya, calon harus berpasangan lantaran hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi, yakni 7 kursi.
Kelima poros tersebut adalah poros PDIP yang memiliki 7 kursi di DPRD setempat dengan kader mantan Bupati Lampura Zainal Abidin.
Sang penantang adalah incumbent Bupati Agung Ilmu Mangkunegara yang juga ketua DPD NasDem Lampura dengan kekuatan 3 kursi.
Namun, Agung belakangan kian menguat lantaran bakal diusung koalisi sebelumnya seperti PKS (4 kursi). Juga Gerindra (6 kursi) sinyal akan mengusung Agung.
Poros selanjutnya adalah Yusrizal yang merupakan kader Partai Demokrat (6 kursi). Bahkan, Yusrizal juga dikabarkan akan mendaftar ke PDIP. Selanjutnya, Aprozi Alam yang juga bendahara DPD Golkar Lampung. Di DPRD Lampura, Golkar memiliki 5 kursi.
Bang Ozi—sapaan akrabnya, sebelumnya juga sudah mendaftar ke penjaringan PDIP pada hari pertama pendaftaran pada (20/5) lalu.
Sedangkan incumbent wabup Sriwidodo yang juga ketua DPD Hanura Lampung, juga bisa saja menjadi penantang di pilkada Lampura. Jika tak kembali berpasangan dengan Agung Ilmu, maka bisa saja Sriwidodo maju sebagai cabup lantaran diusung Hanura 3 kursi.
Sementara itu, Zainal Abidin saat dikonfirmasi Radar Lampung menyatakan masih wait and see. Dia menyatakan, selain pilkada Lampura, kemungkinan juga akan maju dalam pilgub 2018.
”Masih lihat situasi dululah. Bisa maju Pilkada Lampura atau cawagub dari PDIP Lampung,” ujarnya kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group), kemarin.
Sementara itu, dikonfirmasi Radar Lampung, ketua penjaringan balonkada PDIP Lampura MAA. Iman Santoso mengatakan, sejauh ini baru Aprozi Alam yang sudah mengambil formulir penjaringan.
”Yang sudah mendaftar Pak Aprozi Alam. Infonya, besok (hari ini, Red) Pak Yusrizal dari Demokrat akan mendaftar juga. Kita masih menunggu sampai tanggal 27 untuk penutupan pengambilan berkas pendaftaran,” ungkapnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top