BERITA UTAMA

DPRD Sultra Imbau Mubar-Muna Terapkan Subsidi Maskapai Penerbangan

KOLAKAPOS, Kendari–Legislator DPRD Sulawesi Tenggara, Laode Sefu mengimbau Pemerintah Kabupaten Muna Barat-Kabupaten Muna agar bekerja sama memberi subsidi kepada salah satu maskapai penerbangan sehingga wilayah itu bisa dilayani dengan transportasi udara.

“Saya pikir kalau kedua pemerintah kabupaten itu memberi subsidi yang dapat penguntungkan maskapai penerbangan, maka akan ada maskapai penerbangan yang mau melayani rute penerbangan Muna-Makassar, Sulawesi Selatan,” katanya di Raha, Jumat.

Menurut dia, salah satu maskapai penerbangan nasional, Lion Air, telah melakukan uji coba pendaratan di Bandara Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat pada 27 April 2017.

Namun maskapai penerbangan nasional tersebut kata dia tidak segera melayani rute penerbangan Muna Barat – Makassar karena secara ekonomi belum menguntungkan.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Muna Barat dan Kabupaten Muna mesti bekerjasama menyediakan subsidi melalui APBD masing-masing sehingga ada maskapai penerbangan yang mau melayani penerbangan di wilayah itu,” katanya.

Sebagai wakil rakyat asal daerah pemilihan Kabupaten Muna, Laode Sefu menyakini jika ada maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan Muna Barat – Makassar, maka akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Muna Barat dan Muna yang luar biasa.

Selain dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan usaha seperti usaha jasa penjualan iket, pengiriman barang lewat cargo, usaha jasa transportasi darat atau usaha restoran di terminal bandara, juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat kedua kabupaten bertetangga itu.

“Masyarakat kedua kabupaten bisa terserap menjadi tenaga kerja di terminal bandara atau di sejumlah kegiatan usaha baru yang terbuka setelah pengoperasian bandara Sugimanuru,” katanya.

Menurut dia, selama ini Kabupaten Muna Barat dan Muna agak tertinggal bila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia karena akses untuk menjangkau kedua kabupaten tersebut masih sulit.

Untuk berakses dengan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia kata dia, masyarakat Muna Barat dan Muna harus terlebih dahulu ke Kota Baubau atau Kendari baru bisa melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Diharapkan setelah Lion Air melayani jalur penerbangan rute Muna-Makassar, wilayah Muna Barat dan Muna umumnya sudah bisa terbuka dari keterisolasian wilayah,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top