BUTON UTARA

DPMD Konut Pantau Penggunaan Dana BUMDes

KOLAKAPOS, Wanggudu–Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di perdesaan. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara terus melakukan pemantauan dan verifikasi dana BUMDes, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kepala DPMD Konut Sulkarnain Sinapoy mengatakan, pihaknya saat ini masih memantau 159 desa di Konut. Hal ini dilakukannya untuk mengetahui secara langsung upaya apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa penerima dana tersebut.
“Saat ini pihak kami tengah melakukan pemantauan dan verifikasi data dana Bumdes yang telah turun ke 159 desa, kita cek kebenaran program apa yang mereka lakukan, apa benar berjalan atau tidak,” kata Sulkarnain Sinapoy, beberapa waktu lalu.
Menurutnya, saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya penyalahgunaan dana Bumdes ini, dan jika ada maka dirinya akan menyerahkan kepada pihak terkait untuk dilakukan proses sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kalau ada peningkatan penggunaan dana BUMDes, maka kepala desa bisa kembali mengajukan dana BUMDes-nya,” tutupnya. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top