KOTA KENDARI

Penyeberangan Wamengkoli Mulai Dioperasikan Kembali

KOLAKAPOS, Kendari–Pelabuhan Wamengkoli yang menghubungkan daratan Pulau Muna tepatnya Kabupaten Buton Tengah dan Kota Baubau kembali difungsikan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina.

Menurutnya dengan kembali difungsikan pelabuhan Wamengkoli tersebut maka akan setiap harinya kapal feri akan kembali beroprasi untuk melayani masyarakat yang hendak menyeberang baik dari Kota Baubau maupun sebaliknya.
“Insyaallah besok Kamis tanggal satu pelabuhan Wamengkoli ini akan dioprasikan kembali, sekaligus kapal feri yang melayani penyembrangan Wamengkoli-kota Baubau juga akan beroprasi dipelabuhan tersebut,”katanya. Rabu (31/5) saat melakukan uji coba pelabuhan dengan menggunakan kapal feri.
Namun kata dia pelabuhan tersebut belum bisa dipergunakam secara maksimal sebab kapal feri untuk sementara harus sandar di dermaga cadangan, karna dermaga induk masi dalam tahap perbaikian.
“Sandarnya di dermaga sementara dulu, dan ini sifatnya sementara, yang penting bisa membantu penyebrangan masyarakat, apalagi ini menjelang idul fitri tentu ini akan sangat bermanfaat dalam arus penyebrangan masayarakat,” terangnya.
Dikatakan pelabuhan tersebut sudah tidak beroperasi selama kurang lebih satu tahun, dikarenakan kondisi pelabuhan sendiri yang sudah tidak layak digunakan.
“Alhamdulillah usulan biaya perawatan sebesar Rp. 500 juta disetujui. dan anggaran ini lah yang kita gunakan untuk kembali mengoperasi pelabuhan ini, temaksud untuk memperbaiki tempat sandar kapal induk. saya hitung-hitung kalau biaya perawatan pertahun Rp. 500 juta baru PADnya pertahun Rp 2 milyar sampai Rp.3 milyar kan kita tidak rugi,” tandasnya. (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top