BERITA UTAMA

Konsel Siaga Banjir

KOLAKAPOS, Andoolo–Hujan selama tiga hari, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Selatan (Konsel) meningkatkan kewaspadaan. Bahkan BPBD Konsel meningkatkan status tanggap bencana di Konsel menjadi siaga banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Konsel, Mutakhir hidayat mengatakan harus meningkatkan status waspada menjadi siaga banjir karena ancaman banjir semakin nyata. “Untuk menangani kemungkinan besar terjadinya banjir, maka kami siaga satu dan semua personil siap turun lapangan untuk menangani banjir,” jelasnya.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari BMKG Kendari, tingginya intensitas hujan belakangan di Sultra, terjadi karena adanya anomali cuaca. Penyebabnya, temperatur air laut disekitar Sultra yang masih hangat didukung kelembaban udara pada lapisan atmosfir diketinggian 3000 kaki, serta adanya perlambatan angin pada lapisan tersebut. “saat ini kami telah menyiapkan anggota BPBD untuk diturunkan di lokasi banjir. Adapun titik yang menjadi kesiap siagaan banjir, yakni kecamatan Laeya, Moramo Utara dan Konda. Namun kami juga siap jika diwilayah lain juga terdapat musibah banjir,” ungkapnya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top