BERITA UTAMA

Nur Alam Berbelasungkawa Atas Korban Banjir

KOLAKAPOS, Baubau–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Nur Alam menyampaikan bela sungkawa atas tewasnya Alma Alhusni (16) seorang gadis yang menjadi korban tanah longsor di lorong Lasolo, Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Rabu (31/5).

“Tentu kita semua berbelasungkawa atas tragedi karena ini merupakan satu bencana yang tidak pernah kita kehendaki dan kita inginkan,” ujarnya disela-sela safari ramadhan di kota Bau-bau, Kamis (1/6).

Dikatakan, dirinya tidak menginginkan ada korban selanjutnya, olehnya musibah tersebut menjadi contoh bagi warga yang berdomisili di daerah rawan banjir dan tanah longsor untuk selalu waspada. “Sekarang kewaspadaan dini, seluruh masyarakat selalu bersiap-siap begitu curah hujan makin tinggi supaya meninggalkan tempatnya, rumahnya, untuk tidak mengambil resiko bertahan terutama pada wilayah kali Wanggu kemudian di Kemaraya, kemudian di Sodoha, lalu kemudian di daerah Kota Lama kemudian di Andonohu daerah-daerah aliran sungai dan genangan yang sangat rawan,” katanya.

Disebutkan adapun langkah pemerintah dalam menghadapi masalah banjir tersebut sudah dilakukan pasca terjadinya banjir dua minggu lalu, akan tetapi banjir serta tanah longsor kembali terjadi olehnya itu dirinya menginstruksikan kepada jajarannya untuk segara turun ketempat terjadinya bencana tersebut.
“Dalam proses penanganannya, yang sifatnya insidentil ada langkah-langkah yang sudah dilakukan di samping dari evakuasi adalah rehabilitasi akan tetapi ini kan masalahnya hujan sudah reda proses persiapan untuk mulai dilakukan rehabilitasi pasca banjir tiba-tiba muncul lagi, oleh karena itu saya kemarin telepon para kepala dinas untuk segera turun mengambil tindakan,” tandasnya. (k1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top