EKOBIS

Pemkab Kolaka Yakin Stok Beras di Kolaka Aman

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka meyakini cadangan beras di Kolaka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih aman dan terkendali. Walaupun stok beras yang ada di Kolaka seperuhnya yang berdah di pasar Kolaka adalah beras yang berasal dari Sulawesi Selatan. Untuk saat ini Kolaka masih mempunyai cadangan hingga 2000 ton.

Astinen Ekonomi dan pembangunan Pemkab Kolaka Muh. Kasim Madaria membenarkan jika saat ini Kolaka masih dalam keadaan stok pangan terutama beras hingga lebaran nanti. Untuk stok yang ada saat ini di Kolaka ada sekitar 2000 ton beras, dan jika di perkirakan jumlah tolal yang tersebar di beberapa tengkulak beras di Kolaka bisa mencapai 4000 ton.

“Kalau beras, saat ini Kolaka masih aman, jadi masyarakat jangan kawatir, untuk harga beras di Kolaka juga masih seperti biasa tergantung kwalitasnya. Kalau yang kwalitas rendah harga dipasaran biasa Rp.6000 per liter namuan jika kwalitas bagus bisa mencapai Rp8000 sampai Rp11.000 per liternya,” katanya

Untuk stok kebutuhan lainya seperti telur ayam itu juga masih banyak dan pedagang sudah memprediksi menganai konsumsi telur ayam di Kolaka. Untuk daging ayam juga saat ini masih banyak persediaan walaupun saat ini Kolaka maish tergantung stok ayam potong dari Sulawesi Selatan.

“Walaupun ayam potong berasal dari Sulawesi Selatan namun di Kolaka ini tidak pernah kekuragan stok ayam potong, karena pedagang Kolaka dan Sulawesi selatan komunikasinya baik . Harganya untuk yang jumbo di pasaran sekitar Rp.60.000 per ekor sedangkan yang biasa Rp.55.000 perekor,” ujarnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top