KOTA KENDARI

Nur Alam Instruksikan Distribusi Guru Secara Merata

KOLAKAPOS, Kendari–Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam menginstruksikan agar secepatnya melakukan pendistribusian guru SMA dan SMK secara merata di wilayah setempat.

“Segera lakukan pemetaan dan penyebaran guru di seluruh wilayah Sultra,” kata Nur Alam Sabtu.

Ia mengatakan semenjak SMA dan SMK dialihkan pengelolannya kepada pemerintah provinsi kewenangan pendistribusian guru sudah dapat dilakukan agar tidak ada lagi SMA dan SMK di daerah tidak ada tenaga pendidiknya.

“Sekarang sudah ada kewenangan kita untuk mengatur penyebaran guru. Kita bisa mengarahkan guru dari satu daerah ke daerah lain dalam rangka pemerataan,” katanya.

Ia mengatakan selama ini sering mendapatkan keluhan dari masyarakat bahwa ada sekolah SMA yang sangat kekurangan guru status PNS, sementara ada sekolah lain yang jumlah gurunya berlebihan.

“Seperti inilah yang akan kita atur, jangan ada penumpukan guru pada satu sekolah tertentu, sementara ada sekolah lain yang kekurangan,” katanya.

Nur Alam menduga penumpukan guru terjadi di wilayah perkotaan, sementara kekurangan guru yang dialami sekolah ada di wilayah pesolok.

“Kalau kondisinya seperti ini, siapapun harus siap ditempatkan dimana saja. Saya tidak mau mendengar lagi keluhan kekurangan guru pada sekolah tertentu,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top