EKOBIS

Dinas Perindag Kolaka Himbau Masyarakat Gunakan Produk Lokal

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Perindustrian dan perdangan Kolaka mengharapkan Masyarakat Kolaka harus terus bisa bersaing baik itu produk lokal maupun kemampuan skil indifidu dan bisa bersaing secara sehat untuk menarik para konsumen baik itu konsumen Kolaka sendiri maupun Konsumen luar Kolaka

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Pperindag) Kolaka Dwi Satharti Sari kepada Kolaka pos (5/6) mengatakan masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini telh berlangsung, langkah yang telah di lakukan oleh pemerintah daerah melakukan beberapa program bagi masyarakat sehingga produk-produk luar negeri yang ada di Kolaka tidak merajelela mengusai pasar dan konsumen.

“Makan khas Kolaka kami punya mulai dari makanan ringan maupu kuliner,bahkan dinas Perindag kolaka juga telah membuat gerai khusus oleh oleh khas kolaka itulah salah satu upaya kami menagka MEA di Kolaka,” kata Dwi.

MEA dapat diartikan sebagai bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang di mana semua negara-negara yang berada pada kawasan Asia Tenggara menerapkan sistem perdagangan bebas baik dari bidang ekonomi, budaya, pariwisata dan lainnya.

“Adapun negara yang tergabung dalam kelompok ASEAN terdiri dari Brunei, Kamboja, Filipina, Laos, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Untuk itu kita jangan jadi penonton yang budiman terhadap perkembangan zaman yang semakin pesat atau bahkan jangan sampai tergilas zaman,” tambahnya

Asmani menambahkan, beberapa program yang telah dilakukan oleh pemerintah dan telah dilaksanakan oleh masyarakat yaitu tetap menggunakan dan meningkatkan produk lokal seperti tenunan kas mekongga, melestarikan panganan lokal, pelestarian peninggalan sejarah kepada masyarakat Kolaka.

“Walaupun Kolaka ini daerah kecil, pemerintah kabupaten juga temah menyiapkan tenaga industri trampil. Bupati Kolaka H.Ahmad Safei telah bekerja sama dengan perusahaan di Kolaka untuk melakukan pelatihan ketranpilan dan itu sangat diharapkan oleh masyarakat Kolaka untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil di Kolaka,” tambahnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top