SULSELBAR

Disnak Jamin Stok Daging dan Telur Aman Enam Bulan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Dinas Peternakan Sulsel menjamin ketersediaan sejumlah komoditi Sulsel hingga beberapa bulan ke depan.

Kepala Dinas Peternakan Sulawesi Selatan Abdul Azis mengatakan, untuk stok daging sapi lokal, ayam, dan telur, dijamin aman hingga enam bulan ke depan.
Hal itu diungkapkan oleh Abdul Azis usai Rapat Persiapan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 dan APBD 2018 di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu.
Dia menjelaskan Ramadan ini hingga enam bulan ke depan aman, stok untuk daging sapi lokal 16 ribu ton, daging ayam 25.600 ton dan telur 82.151 ton.
Daging tersebut tidak termasuk daging impor. Sementara harga daging di pasaran saat ini berada pada kisaran Rp80 ribu hingga Rp90 ribu.
Untuk menghindari adanya daging oplosan yang dijual ke masyarakat, pihaknya juga intens melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan melakukan pengawasan melekat di semua rumah potong hewan.
“Kita juga akan melakukan sidak terhadap daging celeng, rumah potong hewan tiap daerah bertanggung jawab, itu sudah standar operasional prosedur (SOP),” pungkasnya.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menegaskan, stok kebutuhan pokok untuk Sulsel hingga saat ini masih aman. Begitu juga persoalan harga. Belum ada kenaikan cukup signifikan yang ditemukan di pasar-pasar.
“Daging saya banyak, cuma orang lain menyerbu ke Makassar, ada dari Papua dan Kaltim (Kalimantan Timur),” jelasnya.
Dia meminta kepada seluruh bupati/walikota melalui dinas terkait untuk membuat desk pengendalian harga kebutuhan pokok sekaligus menjadi tim pemantau pasokan sembako untuk masyarakat.
“Jika ada persoalan ditemukan di lapangan, segera laporkan untuk diselesaikan secepatnya,” ungkap Syahrul.
Dia menambahkan, jika ditemukan kontraksi terhadap harga kebutuhan pokok diatas 10 persen, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan turun melakukan pengendalian. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top