SULSELBAR

Pansus Kota Dunia Terancam Dibubarkan

KOLAKAPOS, Makassar–Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Dunia bakal menggelar rapat internal bersama Pemerintah Kota Makassar untuk memutuskan kelanjutan pembahasan ranperda tersebut. Pasalnya, sejak dibahas awal tahun 2016 lalu, ranperda itu tak kunjung rampung.

“Kita masih cari waktu lowong untuk segera menggelar rapat internal. Di situ nanti dilihat apakah akan dilanjut (pembahasannya) atau tidak,” ungkap Ketua Pansus Ranperda Kota Dunia, Fatma Wahyudin, di DPRD Makassar, akhir pekan lalu.
Lanjut Legislator Fraksi Demokrat itu, ranperda inisiatif pemkot ini masih terkendala naskah akademik, masih ada saran dari anggota pansus yang belum dikoreksi oleh pemkot. Seperti landasan kota dunia yang dimaksud belum jelas di naskah akademik, bahkan sampai sekarang belum menemui titik temu.
Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kota Makassar, Andi Nurman, juga mendesak pansus segera menggelar rapat internal. Pasalnya, kata dia, pansus hanya akan terbebani dan mengganggu kinerja dewan. “Kalau memang tidak bisa tuntas, lebih baik dibubarkan saja. Apalagi rabperda itu sudah menyeberang ke 2017, lebih baik fokus ke ranperda lain yang lebih mendesak,” katanya.
Anggota Pansus lainnya, Rudianto Lallo mengaku sepakat jika Ranperda Kota Dunia itu tidak dilanjutkan.
“Membaca draf ranperda itu, kita hanya berangan-agan saja, seperti menghayal acuan standar kota dunia yang dimaksud juga belum jelas, Singapura kah, Dubai kah, atau Arab Saudi,” ujar legislator Nasdem ini.(fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top