POLITIK

PDIP Hanya Undang 8 Kandidat dalam Penjaringan Bacabup Kerinci

KOLAKAPOS, Kerinci–Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kerinci langsung gerak cepat.

Partai berlambang banteng tersebut langsung mengundang para kandidat untuk mengikuti penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kerinci 2019-2024.
Ketua Panitia Penjaringan Hendriadi mengatakan undangan hanya diberikan kepada delapan kandidat. Undangan ini telah disebarkan sejak Jumat (2/6) lalu.
“Undangannya sudah disebarkan. Hanya delapan kandidat yang diundang,” ujarnya.
Delapan undangan itu ditujukan kepada calon petahana Adirozal, Zainal Abidin, Monadi Murasman, Maridin Jamil, Fadli Sudria, Candra Purnama, Ruslan, dan Tafyani Kasim.
“Mereka kandidat yang kita lihat telah melakukan sosialisasi,” katanya.
Namun demikian, bagi kandidat yang tidak menerima undangan, PDIP memberi peluang seluas-luasnya untuk mengikuti penjaringan ini.
“Semua punya peluang, kalangan birokrat, profesional maupun politisi dipersilahkan mengisi formulir,” ungkapnya.
Lalu kapan pendaftaran akan dibuka? Hendriadi menjelaskan pendaftaran diawali dengan pengambilan dimulai pada 5-11 Juni. Kemudian, pada 12-22 Juni pengembalian formulir sekaligus kepastian bakal calon yang mendaftar.
“Sekitar Juni itu semuanya sudah rampung. Baru nanti kita serahkan ke DPD,” katanya.
Ketua DPC PDIP Kerinci, Edison mengatakan pembukaan penjaringan ini berdasarkan intruksi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Dimana, agar PDIP melakukan pendaftaran dan penjaringan terlebih dahulu dalam menentukan calon.
Mekanismenya, kata Edison, setelah calon mendaftar, nama-nama tersebut akan dibawa ke DPP untuk disurvei. Namun, ada juga tahapan fit and proper test serta sekolah kepala daerah.
“Nantinya penentuan akhir di DPP, kita tinggal menunggu saja,” jelasnya.
Disinggung banyaknya tokoh yang muncul meramaikan pesta demokrasi di bumi Sakti Alam Kerinci, Edison menyambut positif. Menurutnya, banyak tokoh yang memiliki keberanian untuk memajukan dan merubah Kabupaten Kerinci. Termasuk dirinya, yang saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi.
Bagaiamana peluang dirinya diusung PDIP? Edison optimis. Pasalnya, sesuai intruksi pusat, PDIP akan mengusung kader internal. Apalagi, akhir-akhir ini berembus kabar, dirinya telah mendapatkan restu dari DPP.
“Kita sesuai intruksi pusat, akan mengusung kader internal. Namun kita tetap melihat peluang, ditengah masyarakat. Jika hasil survei kader internal tinggi, maka kita pokus untuk nomor 1 di Pilbup,” pungkasnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top