POLITIK

Tantangan Menanti Gus Ipul Jika Berdampingan dengan Calon dari PDIP

Gus Ipul.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengatakan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul akan menghadapi tantangan besar jika memutuskan berpasangan dengan calon wakil gubernur (cawagub) dari PDI Perjuangan, pada Pilgub Jatim 2018.

Arya menyatakan, PDIP mengalami kekalahan di beberapa daerah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang berlangsung pada 2017.
“PDIP mengalami kegagalan, seperti di Banten dan DKI Jakarta. Ini menjadi tantangan sendiri untuk Gus Ipul,” kata Arya.
Namun, menurut Arya, peluang Gus Ipul untuk berpasangan dengan cawagub dari PDIP masih ada. Asal, dia mengatakan, PDIP mengusung sosok yang kuat, sehingga bisa mengamankan daerah yang bukan menjadi basis Gus Ipul. “Sosok yang diusung PDIP bisa dari kepala daerah,” ucap Arya.
Gus Ipul diusung Partai Kebangkitan Bangsa sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Dia sudah mendaftar ke PDIP untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018.
Meski membuka pendaftaran, Ketua DPD PDIP Kusnadi mengatakan, calon yang akan diusung PDIP pada Pilgub Jatim 2018 ditentukan oleh DPP PDIP. Namun, dia menyatakan, posisi cawagub akan diambil dari internal PDIP. (gil/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top