KOTA KENDARI

Digagalkan, Pengiriman Karang Hias

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kendari–Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Perwakilan Kendari, Sulawesi Tenggara menggagalkan pengiriman karang hias ke Makassar melalui pelabuhan penyeberangan Kolaka.

Kepala BKIPM Kendari melalui Kasubsi Wasdalin BKIPM Kendari Amsal Sallolo, di Kendari, Sabtu, mengatakan sebanyak 197 buah karang hias yang dikemas dalam 4 kotak styrofoam berhasil diamankan petugas BKIPM Wilayah Kerja Kolaka setelah dilakukan pemeriksaan bersama dengan pihak KP3 Kolaka, Kamis (1/6).

“Dari hasil pengumpulan bahan keterangan yang dilakukan oleh PPNS BKIPM Kendari tanggal 2 Juni 2017 diketahui bahwa karang hias tersebut diambil dari perairan Desa Sani Sani, Kabupaten Kolaka,” katanya lagi.

Pelaku, katanya, diberikan pemahaman dan pernyataan untuk tidak lagi melakukan eksploitasi karang hias tersebut, karena merupakan tindakan melawan hukum.

Amsal menjelaskan bahwa karang hias adalah komoditas yang diatur pengeluarannya, sehingga harus disertai surat izin dari Balai Konservasi SDA.

“Karena karang hias yang akan dikirim itu tidak dilengkapi dokumen izin yang dimaksud, sehingga kami gagalkan pengirimannya,” katanya pula.

Menurutnya, karang hias yang ditahan oleh petugas BKIPM akan dikembalikan lagi ke perairan Pomalaa-Kolaka yang merupakan kawasan konservasi. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top