KOTA KENDARI

Pembangunan Bendungan Pelosika Telan Anggran 3 T.

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kendari–Pembangunan Bendungan Pelosika yang akan berdiri melibatkan dua Kabupaten yakni Konawe dan Kolaka Timur bakal menelan aggaran sebesar Rp 3 Triliun. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Nur Alam. Selasa (6/6).

Menurutnya pembangunan bendungan tersebut akan dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). dimana saat ini pembangunan bendungan tersebut sudah tahap peninjauan.

“Pembangunan Pelosika ini atau bendungan yang sedang direncanakan diharapkan selesai paling lambat 2020 tetapi saya meminta kepada bapak presiden agar bisa dipercepat 2019 sehingga 2020 tinggal pelaksaan fisiknya. Sesuai dengan rencana itu akan menghabiskan anggaran 3 triliun,” katanya.

Dikatakan dengan dibangunnya bendungan pelosika maka selain meningkatkan produksi dan produktifitas pangan juga membawa manfaat lainnya.
“Bendungan Phenelosika ini memberikan manfaat multi porpros disamping akan menjadi sumber pengairan utama yang akan mengairi sawah ribuan hektar juga bisa menjadi tempat olah raga, tempat wisata bahkan menjadi pembangkit listrik tenaga air dan sebagaimana fungsi-fungsi yang lain. Pemerintah bapak presiden sangat berkomitmen karna sesuai potensi yang ada dihulu konaweha ini yang berada di sekitar uluiwoi sana akan dibendung dan akan mengairi sawah,” tandasnya (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top