SULSELBAR

Tidak Lunasi BPIH, 13 Calon Haji Batal Berangkat

KOLAKAPOS, Makassar–Batas akhir pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), Jumat 2 Juni lalu. Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan mencatat sebanyak 7.283 calon jemaah haji sudah melakukan pelunasan.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono, menyebutkan, kuota jamaah haji Sulsel 2017 sebanyak 7.296 orang. Jadi yang melakukan pelunasan jika prosentase sebanyak 99,82 persen.
“Jadi dari jumlah kuota 7.296 orang tersebut, ada 13 orang calon jamaah yang dipastikan batal berangkat pada tahun ini. Sebab mereka tidak kunjung melunasi BPIH, sejak pelunasan tahap kedua dimulai pada 22 Mei lalu,” tegas Kaswad.
Ia pun mengingatkan, bagi jamaah yang telah melunasi kewajibannya, agar mulai mempersiapkan diri. Kepada kuota yang tidak dilunasi, akan digantikan dengan daftar cadangan yang sudah melunasi BPIH.
Kuota haji Sulsel dihimpun dari 24 kabupaten/kota. Sedangkan mereka yang tidak melunasi BPIH antara lain berasal dari Tana Toraja 5 orang, Kepulauan Selayar 2 orang, Luwu Utara 3 orang, serta Barru, Sidrap dan Makassar, masing-masing satu orang.
Calon jemaah haji dari Sulsel akan berangkat melalui embarkasi Makassar, yang dipusatkan di Asrama Haji Sudiang. Kloter pertama akan diasramakan pada 27 Juli mendatang, dan berangkat pada 28 Juli. Bagi yang masuk daftar, diimbau agar mempersiapkan semua kebutuhannya.
“Kita imbau agar mempermantap manasik dan menjaga kesehatannya. Sebaiknya juga, menggunakan momen Ramadan ini untuk memperbaiki niat dan mulai membaca manasik,” lanjut Kaswad.
Tahun ini Kuota calon jemaah haji Sulsel didominasi oleh calon jemaah asal kota Makassar, dengan jumlah 1.144 orang. Diikuti kabupaten Bone dengan 753 calon jamaah, serta kabupaten Gowa dengan total 605 calon jamaah. Dan kuota terkecil untuk Toraja Utara dengan 20 calon jamaah. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top