BERITA UTAMA

Anggaran Desa di Konawe Cair–Bupati : Gunakan Sesuai Petunjuk

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggasa menyerahkan anggaran desa ke salah satu desa di konawe

KOLAKAPOS, Unaaha–Para kepala desa di konawe kini tersenyum lebar alokasi dana desa untuk mereka telah cair. Kemarin (7/6), seluruh kepala desa di Konawe mengikuti rapat koordinasi pencairan dana desa.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang mengikuti kegiatan tersebut mengingatkan para kepala desa untuk menggunakan dana desa sesuai petunjuk. Pencairan dana desa kali ini, hanya diberikan kepada desa yang telah merampungkan administrasi penggunaan anggaran desa tahap awal. “Yang dicairkan hari ini, adalah desa-desa yang telah melengkapi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan keuangannya. Selebihnya silakan para kepala desa untuk melakukan perbaikan administrasi agar secepatnya diproses pencairannya,” ujar Kery.

Ditengah maraknya kasus hukum yang menjerat kepala desa, bupati mengingatkan agar pemerintah desa memperbaiki sistem manajemen keuangan dan seluruh administrasinya. Sebab, anggaran desa intens dipantau oleh lembaga hukum. Selain itu, jika pengelolaan anggaran desa ini bermasalah, maka akan mempengaruhi alokasi terhadap desa lain.

Untuk tahun ini anggaran dana desa untuk Konawe bertambah. Jika sebelumnya desa di Konawe hanya 241, tahun ini bertambah menjadi 297 desa, atau bertambah 56 desa. “Anggaran juga sudah di siapkan untuk 56 desa ini,” tandasnya.

Kery mengatakan, sengaja menghadiri rapat koordinasi tersebut untuk mengecek langsung isu pemotongan dana desa di BPKAD. Ia berharap isu tersebut tidak benar.

Namun kader PAN itu juga mengingatkan para kepala desa untuk melengkapi semua berkas dan tanggungjawabnya, agar anggarannya segera dicairkan.

“Sengaja saya hadir di sini,  untuk menepis isu-isu adanya peotongan dana desa, dengan begini tidak ada yang mengeluh adanya pemotongan anggaran APBN, juga tidak menyulitkan para kepala desa dalam melakukan pencairan,” tutup mantan Ketua DPRD Konawe ini. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top